KOPI LEGENDA DI BOGOR

#Tags

Kopi kini menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Banyak bermunculan warung kopi dan cafe yang menawarkan minuman kopi dengan berbagai campuran rasa dan cara pengolahan. Tiap daerah punya "jagoan" kopinya sendiri-sendiri. Tidak terkecuali  Bogor. Tapi berbeda dengan daerah lain yang barangkali hanya menawarkan kopi di warung kopi atau merek warung kopi, Bogor malah  lebih dikenal dengan jagoan kopi sachet. Bahkan bisa dibilang, jagoan kopi asal Bogor ini punya umur yang sudah cukup panjang. Selain itu punya basis penggemar yang cukup loyal.

Beberapa bungkus kopi merk lokal - Bogor
Sumber Foto : Diella Dachlan FB ( Page Bogor Heritage)





1. Kopi Liong Bulan
Kopi ini sangat populer di Bogor. Pendiri dan pemilik Kopi Liong Bulan (Linardi Jap 1916 - 2004) memulai usaha di Jl. Pabrik Gas (sekarang jl. MA salmun) sejak 1945 dan sejak kepergiannya di 2004, usaha dilanjutkan oleh salah satu anaknya.


kopi liong bulan asli bogor
Liong Bulan Kopi  + Gula

Kopi Liong Bulan awalnya lebih banyak dinikmati penggemarnya di area Merdeka, Kota Bogor. Ketimbang pesaing lokal lainnya, kini sudah mempunyai pabrik yang lebih besar di Kedung Halang.
Bahkan penggemarnya yang dulu sudah sempat merasakan  kopi ini, dan berada di luar kota bogor, bisa merasakan kembali kopi ini, lewat belanja  secara daring.

Kopi liong bulan, menggunakan kopi arabika, dan cenderung digongseng tidak sampai hangus. Hasil gilingannya lebih cocok untuk disiapkan untuk kopi tubruk.

kopi liong bulan tanpa gula
Kopi Liong Bulan Bungkus Kecil , Kopi Tanpa Gula

Kopi liong bulan menyediakan pilihan kopi bungkus kecil  yang terdiri dari kopi dan gula atau  kopi saja. Keduanya memiliki warna bungkus yang berbeda. Khusus untuk kopi tanpa gula, juga tersedia ukuran 200 gram.


jual kopi khas bogor
Kopi Liong Bulan Kopi tanpa Gula kapasitas 200 Gram


2. Kopi Cap Teko
Barangkali kopi yang bisa disebut dengan salah satu pesaing terdekat kopi liong bulan dari segi jumlah penikmat. Bahkan mereka masih memiliki toko kecil yang melayani penggilingan kopi secara langsung.

Toko Kopi Agus yang menjual Kopi Cap Teko
Sumber Foto : Diella Dachlan FB ( Page Bogor Heritage)

Jika anda ingin ke toko kopi ini, bisa berkunjung Toko Agus  ke Jl. Pedati No.27, RT.5/RW.06, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Toko Kopi Cap Teko  bmenyediakan kopi bungkus kecil  yang banyak dijual di warung, meski menemukannya tidak semudah  semua merk kopi sebelumnya.

Kopi Sachet Cap Teko

Basis massa penggemar Kopi cap Teko di Bogor berada di area Suryakencana, jalan Padasuka,  dan jalan roda. Mari berharap kopi lawas ini akan tetap lestari. Untuk saat ini, harapan itu cukup besar, apalagi mereka juga sudah mengeluarkan bungkus kopi berukuran 500 gram premium.

Kopi Cap Teko 500 Gram

3. Kopi Cap Oplet
Kopi ini bisa dibilang melengkapi 3 besar kopi yang cukup banyak beredar di Bogor.
Ditulis di halaman facebook perusahaan mereka :
"Perusahaan Kopi Cap Oplet didirikan pada tahun 1975 dengan berbasis perusahaan keluarga di Bogor. Dinamakan cap Oplet, karena pada tahun 1970an, salah satu pemilik pada saat itu, memiliki produk Sabun Cap Oplet yang sudah dikenal dibeberapa area. Selain itu juga, kendaraan Oplet masih merupakan transportasi publik yang umum dipakai pada saat itu."

Kopi Oplet Bogor
Kopi Sachet Cap Oplet

Lalu..:
"Seiring dengan berkembangnya perusahaan ini, pada tahun 1990an, Kopi cap Oplet mulai menggunakan mesin – mesin penggorengan dan pengemasan modern dan menjadi perusahaan yang pertama yang menggunakan mesin-mesin modern dalam memproduksi kopi olahan di Bogor. Di tahun 1990an ini pula lah kami mulai beralih dari kemasan kertas ke kemasan plastik yang tentunya lebih menjaga kualitas kopi.

Di era tahun 2000an, guna memenuhi permintaan pasar, KOPI OPLET menambah lagi tipe tipe produknya. Yang tadinya hanya memproduksi kopi bubuk kini meliputi KOPI GULA OPLET, KOPI GULA ASOOYY CAP OPLET dan juga KOPI SUSU CAP OPLET."


4.
Kopi Mbah Sipit Cap Kaca Mata
Kopi Mbah Sipit ini, legendaris dan susah didapatkan. Berlokasi di Jalan Empang, Kota Bogor
Kopi Bubuk Mbah Sipit

Sulitnya mendapatkan produk ini, bukan karena sengaja ekslusif. Tapi memang, pemilik usaha tidak agresif menambah kapasitas produksi, dan tidak mau ada tambahan investasi lagi.